Minggu, 13 Juni 2010

BAG VIII. Path Analysis (Analisis Jalur)

Analisis jalur dikembangkan sebagai metode untuk mempelajari pengaruh secara langsung dan secara tidak langsung dari variable bebas terhadap variabel tergantung. Analisis ini merupakan slah satu pilihan dalam rangka mempelajari ketergantungan sejumlah variabel dalam model. Analisis ini merupakan metode yang beik untuk menerangkan apabila terdapat deperangkat data yang besar dan mencari hubungan kausal (Mueller, 1996).
Analisis jalur digunakan untuk menelaah hubungan antara model kausal yang telah dirumuskan peneliti atas dasar pertimbangan teoritis dan pengetahuan tertentu. Suatu diagram jalur akan membantu di dalam menganalisis dan menginterpretasiakan hubunganyang dihipotesiskan.
Ada berbagai model hubungan yang dapat dibangun dari variabel penelitian yang sama, tergantung bagaimana hipotesis yang disusun peneliti mengenai hubungan antara variabel-variabel penelitian.




Cara melakukan analisis jalur adalah melalui Structural Equation Model (SEM), untuk menguji berbagai model hubungan yang ada, baik tanpa memperhitungkan ataupun dengan memperhitungkan besarnya kesalahan menggunakan program LISREL (Linear Structural Relationship) yang dikembangkan oleh Jöreskog dan Sorbom.
Dalam pengujian model dengan metode SEM, variabel yang diletakkan paling kiri disebut variabel eksogen, sedangkan variabel yang diletakkan paling kanan disebut variabel endogen. Adapun variabel yang menjadi variabel perantara dapat menjadi variabel eksogen dan juga endogen tergantung bagaimana hubungan diantara variabel-variabel tersebut.
Dalam contoh model b dan c di atas, variabel minat orang tua merupakan variabel eksogen, variabel prestasi akademik merupakan variabel endogen. Adapun variabel minat anak menjadi variabel endogen dari minat orang tua, dan juga variabel eksogen untuk prestasi akademik.
Dalam SEM, ada notasi yang digunakan untuk menggambarkan variabel-variabel penelitian dan hubungan diantara variabel.

ξ (ksi): variabel laten eksogen
η (eta): variabel laten endogen
γ (gamma): hubungan langsung variabel eksogen terhadap variabel endogen
β (beta): hubungan langsung antara variabel endogen terhadap variabel endogen
Notasi dalam model penelitian



Dalam output LISREL untuk uji model penelitian, ada 3 nilai yang dikeluarkan, yaitu:
• Nilai pada baris pertama menunjukkan besarnya hubungan variabel yang diteliti
• Nilai pada baris kedua menunjukkan besarnya standard error
• Nilai pada baris ketiga menunjukkan nilai t
--> Nilai kritis untuk t adalah ±1,96 (los 0,05), ±2,62 (los 0,01) dan ±3,37 (los 0,001)
--> Nilai t yang lebih besar dari nilai kritis menunjukkan bahwa hubungan antar variabel adalah signifikan

Persamaan Analisis Jalur dan SEM :
• Keduanya berkenan dengan model konstruksi
• Pendugaan parameter (koefisien) model dilakukan berdasarkan data sampel
• Pengujian kesesuaian model dilakukan dengan cara membandingkan matriks kovarians hasil dugaan dengan matrik kovarians data observasi.
Perbedaan Analisis Jalur dan SEM :
• Analisis Jalur hanya berkenan dengan pengujian kausal antar variabel, dan tidak dapat untuk memeriksa validitas dan reliabilitas pengukuran variabel laten berdasarkan variabel manifest, sedangkan SEM dapat digunakan untuk keduanya.
• SEM dapat diterapkan baik pada model rekursif ataupun pada model resiprokal, sedangkan Analisi Jalur hanya diterapkan pada model yang berhubungan kausal satu arah dan memenuhi model rekursif.
• Pada Analisis Jalur pendugaan parameter dilakuakn secara parsial untuk setiap persamaan yang membentuk model strukturalnya, sedangkan dalam SEM pendugaan parameter dilakukan secara serentak untuk seluruh parameter.
• Data input pada Analisis Jalur adalah data baku (standardized), sedangkan pada SEM bias data mentah atau normal baku.
• Output Analisis Jalur hanya factor determinan, sedangkan output SEM selain factor determinan juga model structural dan pengukuran.

1 komentar:

  1. postingan yang menarik, kami juga punya artikel terkait 'Jalur Analisis' silahkan buka link ini
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1245/1/10207697.pdf
    semoga bermanfaat ya

    BalasHapus