Minggu, 13 Juni 2010

Bag 1 : Linear Structural Relationship (Lisrel)

Perkembangan teknologi membantu pengolahan data degan SEM dan menjadikan SEM makin banyak digunakan oleh para peneliti maupun pebisnis. Beberapa program komputer yang mendukung analisa SEM antara lain EQS, AMOS, LISREL, SAS PROC CALIS, STATISTICA-SEPATH, dan lain-lain.
Lisrel (Linear Structural Relationship) merupakan salah satu piranti lunak statistic yang dapat digunakan untuk mengolah data dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Lisrel merupakan nama model persamaan structural yang dikembangkan Karl Joreskog pada tahun 1973 pada awalnya dan dikembangkan sebuah piranti lunak yang mendukung oleh Joreskog dan Sorbom. Lisrel versi 3 merupakan piranti lunak Lisrel yang pertama kali dirilis dan dipublikasikan pada tahun 1975.
Secara umum analisi dalam Lisrel dibagi menjadi 2 yaitu terkait dengan model pengukuran (measurement model) dan terkait dengan model structural (structural equation model). Pada dasarnya pengolahan SEM dengan Lisrel dapat dilakukan dengan 4 cara, yaitu menggunakan PRELIS Project, SIMPLIS Project, LISREL Project, maupun PATH DIAGRAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar