Minggu, 06 Juni 2010

Aplikasi LISREL pada Model Persamaan Struktural (Seri LISREL



Pada tulisan ini kita akan fokuskan pada aplikasi LISREL untuk Structural Equation Model (SEM). SEM secara statistik adalah generasi kedua dari teknik analisis multivariate, yang memungkinkan peneliti untuk menguji hubungan antara variabel yang kompleks baik recursive maupun non-recursive untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai keseluruhan model.

Misalnya kita ingin melakukan penelitian mengenai keyakinan masyarakat terhadap partai politik di Indonesia. Untuk itu diambil sampel sebanyak 150 orang. Jawaban responden kita skor dengan skala Likert.

Misalnya lagi, kita punya kerangka teori bahwa keyakinan terhadap partai politik (PARTAI) ditentukan oleh keyakinannya terhadap keberhasilan program partai (PROGRAM) dan keyakinannya terhadap kemampuan pengurus partai (PENGURUS). Keyakinannya terhadap kemampuan pengurus partai juga mempengaruhi keyakinannya terhadap keberhasilan program partai.

Selanjutnya untuk mengukur keyakinan terhadap partai politik digunakan dua indikator (X5 dan X6), untuk mengukur keyakinan terhadap keberhasilan program partai digunakan dua indikator (X3 dan X4) sedangkan untuk mengukur keyakinan terhadap kemampuan pengurus partai dengan indikator X1 dan X2

Model grafisnya dari kerangka teori kita adalah sebagai berikut:









Setelah melakukan penelitian, dan data sudah diinput. Ubah file data ke dalam format prelis dan misalnya kita tempatkan di folder D:/blog dengan nama file partai.psf. Selanjutnya, tuliskan input perintah pada program LISREL (SIMPLIS) sebagai berikut






















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar